“Loco ” adalah istilah dalam pasar komoditas yang berarti “di”. Berasal dari bahasa latin Locus yang berarti tempat. Seorang pedagang yang mengatakan emas yang diperdagangkan “Loco London”, berarti emas yang diperdagangkan dan dinilai untuk (priced for) penyerahan di London.

Emas juga bisa di quote sebagai Loco Tokyo atau Loco Zurich, tergantung lokasinya. London sejak 300 tahun yang lalu telah menjadi pusat perdagangan emas di dunia.

Emas adalah salah satu logam mulia yang paling berharga dan sering menjadi bahan baku industri, bahkan 15% dari permintaan emas adalah bahan baku. Itulah sebabnya tak terhitung banyaknya pembeli dan penjual diseluruh dunia yang berdagang emas, bahkan untuk keperluan-keperluan di luar investasi.

Harga emas cenderung berfluktuasi dengan cepat dan volume perdagangannya pun biasanya sangat tinggi. Tabel di bawah ini menunjukkan bahwa walaupun besar, pasar emas hanya 10% dari NYSE apabila diukur dari market capitalization, pasar emas ini 4 kali lebih liquid daripada NYSE dalam hal annual turnover.

Emas juga ditransaksikan di Bursa Berjangka Indonesia yaitu BBJ dan ICDX, dengan beberapa spesifikasi kontrak (lihat Spesifikasi Kontrak). Berdasarkan data rekapitulasi transaksi bulanan BBJ periode Januari 2010, volume transaksi kontrak berjangka komoditas (multilateral) di bursa berjangka itu melonjak 14 kali lipat pada periode Januari 2010 yakni 9.988 lot, sedangkan volume pada Januari tahun lalu sebesar 689 lot. Kenaikan terbesar transaksi tersebut disumbang oleh kontrak Loco London yakni sebesar 8.860 lot, sementara pada tahun lalu kontrak ini belum tersedia di BBJ.